You are here:

www.penalaran-unm.org

ISOLASI SENYAWA BAHAN ALAM DALAM PENELITIAN

Print PDF

Isolasi adalah cara pemisahan komponen-komponen kimia yang terdapat dalam suatu bahan alam. Isolasi didalam penelitian biasanya banyak dilakukan di laboratorium kimia dengan mengambil beberapa komponen kimianya misalnya saja mengambil ekstrak kayu Seppang yang mampu menurunkan kadar glukosa melalui isolasi. Isolasi senyawa bahan alam biasanya terdiri dari ekstraksi, fraksinasi, pemurnian dan identifikasi serta karakterisasi.Senyawa bahan alam sendiri adalah hasil metabolisme suatu organisme hidup (tumbuhan, hewan, sel) berupa metabolit primer dan sekunder.Sejauh ini telah diketahui bahwa tumbuhan memproduksi senyawa metabolit sekunder lebih banyak dibandingkan hewan. Senyawa-senyawa metabolit sekunder yang telah berhasil diisolasioleh manusia selanjutnya didayagunakan sebagai bahan obat.

 

Beberapa tahapan isolasi diantaranya, ekstraksi yakni proses penarikan suatu zat terlarut dari pelarut di dalam air atau suatu pelarut lain yang tidak dapat bercampur dengan air.Teknik ekstraksi sangat berguna untuk pemisahan secara cepat dan bersih baik untuk zat organik maupun zat anorganik (Soebagio, 2002). Fraksinasi adalah proses pemisahan suatu zat dari campuran zat tersebut, pemisahan dilakukan tehnik yang bermacam macam seperti kromatografi ( KLT, KCKT, KCV, KK, KGC) dan ekstraksi cair-cair.

Menurut Hanum (2010).Pemurnian adalah memisahkan komponen yang dicari dengan komponen-komponen lain yang dapat mengganggu identifikasi kualitatif dan penentuan kuantitatifnya. Dan Identifikasi senyawa merupakan pengidentifikasian senyawa metabolit sekunder yang diperoleh dengan melakukan uji pereaksi. Beberapa pereaksi diantaranya Lieberman-Buchard, pereaksi Dragendorff, Wagner dan Mayer dan beberapa pereaksi lainnya dengan uji positif berupa warna yang berbeda tergantung pengidentifikasian golongan suatu senyawa.

 

 

Pencarian

Layanan Online

HUMAS
1.   Muh. Arief Pratama
2.   Rully Iswanto
3.   Arwinda R R Gau
4.   Ririn Mamiek Wulandari
5.   Hermin Hardiyanti Utami
KLINIK ILMIAH
1. Yusri
2. Indah Arnaelis
3.
WEB SUPPORT
1. Electindo
2. Kamaruddin

Sekretariat: - Jl. Dg. Tata No 15. Kompleks Patun Makateks B1 Makassar, Indonesia Telp. 085398983442 Email: info@penalaran-unm.org
                   - Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lantai 2 Kampus Universitas Negeri Makassar Gunung Sari Baru