Sabtu (13/09/2014),Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) LPM Penalaran UNM kembali mengadakan kajian rutin nalar di Sekretariat LPM Penalaran UNM (Rumah Nalar). Kajian kali in ibetemakan“ Pengelolahan Website” yang dibawakan oleh Rully Iswanto dan Ririn Mamiek Wulandari yang merupakan penanggungjawab terhadap Website resmi LPM Penalaran UNM. Kajian dimulai pukul 16.30-18.00 WITA dengan jumlah pesertas ebanyak 26 orang yang terdiri dari Alumni, pengurus dan anggota LPM Penalaran UNM.

 

Pada awal materi, pemateri terlebih dahulu menunjukkan website lama LPM Penalaran UNM dan menjelaskan informasi-informasi yang terdapat dalam website tersebut. Setelah itu menunjukkan website baru LPM Penalaran UNM dan perbedaan tampilan website dari yang sebelumnya. Peserta kajian terlihat sangat antusias terhadap perubahan website saat ini. “Dalam website penalaran yang terbaru ini, terdapat beberapa item yaitu Foto pimpinan beserta ketua bidang pengurus harian LPM Penalaran UNM periode 2013-2014 , dan petalokasi. Peta lokas ibertujuan agar pengunjung website dapat mengetahui lokasi Sekretariat LPM Penalaran UNM”. Ungkap salah satu pemateri yaitu Ririn Mamiek Wulandari. Selanjutnya Rully Iswanto dalam hal ini memberikan penjelasan mengenai kerumitan dalam pengolahanwebsite yang sebelumnya mengalami gangguan selama beberapa minggu, berkat informas itersebut peserta memahami imasalah-masalah yang terjadi.

Kajian ini diharapkan mampu menambah wawasan peserta mengenai pengolahan website dan lebih mengetahui informasi-informasi yang dapat diperoleh dalam website terbaru LPM Penalaran UNM.

 

 

 

 

 

Roadshow Indonesia Mengajar

Salam Hangat dan Kabar Gembira untuk kita semua, bagi yang memiliki keinginan dan minat untuk menjadi salah satu pengajar muda di daerah tertinggal selama kurang lebih 1 tahun dan belum tahu bagaimana proses dan cara pendaftarannya?

Indonesia Mengajar bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar akan mengadakan Roadshow Indonesia Mengajar di kampus Universitas Negeri Makassar. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 25 Mei 2015 di ruangan Ballroom Phinisi Lantai 2 Gedung Phinisi UNM kampus gunung sari mulai pukul 09.00-12.00 Wita. Kegiatan ini terbuka bagi alumni dan mahasiswa UNM maupun beberapa kampus lain yang ada di kota Makassar (peserta terbatas). Ayo buruan daftarkan diri anda di 085310752960 dengan format sms (nama_kampus_mahasiswa/umum_email_no.hp). -Setahun Mengabdi Seumur Hidup Menginspirasi-

Materi Kelima OMK , Lobi dan Negosiasi oleh Erwin Saputra,S.Pd.

Lobi dan Negosiasi merupakan materi kelima pada kegiatan Orientasi Manajemen Keorganisasian (OMK) Angkatan XVIII LPM Penalaran UNM Sabtu, 16 Mei 2015 pukul 10.30 WITA. Melobi dapat didefenisikan sebagai pendekatan secara tidak resmi. Lobi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satu pihak (perorangan, kelompok, swasta & pemerintah) yang memiliki kepentingan tertentu agar target-target dapat tercapai. Sedangkan, Kegiatan negosiasi merupakan tindakan untuk mendapatkan suatu keputusan. Beberapa karakteristik negosiasi diantaranya senantiasa melibatkan orang, baik sebagai individu maupun perwakilan institusi serta memiliki ancaman terjadinya atau didalamnya mengandung konflik yang terjadi mulai dari awal sampai terjadi kesepakatan dalam akhir negosiasi. Nurfitri ZA sebagai salah satu peserta bertanya mengenai tips dalam negosiasi yaitu bagaimana solusi jika saat bertemu orang-orang besar dan ingin bernegosiasi, namun pada akhirnya kita merasa gugup karena berhadapan dengan orang yang memang memiliki jabatan dan otoritas yang besar dan jauh diatas kita? Pemateri mengungkapkan bahwa melawan keterbatasan dan kekurangan itu harus dibarengi dengan kemampuan. Jadi, saat melakukakan lobi dan negosiasi, kita sebagai pelobi harus sudah menguasai materi yang akan dinegosiasikan. Agar sebagai pelobi, kita tidak mudah terbantahkan oleh siapapun. Seorang negosiator yang baik, tidak hanya datang membawa masalah namun yang terpenting ia mampu menawarkan sebuah solusi yang tepat.

Materi Keempat OMK , Analisis SWOT oleh Andi Irhamsyah, S.Si., M.Si

Materi keempat yaitu Analisis SWOT yang dibawakan oleh Andi Irhamsyah, S.Si., M.Si. Sabtu, 16 Mei 2015 pukul 08.00 WITA. Analisis SWOT merupakan program yang penamaannya berasal dari akronim huruf pertama dari Strenghts (Kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (kesempatan) dan threats (ancaman). Analisis SWOT merupakan alat bantu untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, kesempatan serta ancaman. Analisis ini dibutuhkan saat proses pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan merupakan proses inventarisir dalam menilai alternatif dan menentukan pilihan diantara alternatif tersebut. Penambilan keputusan yang benar sangat dibutuhkan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kegagalan, walaupun pada kenyataannya setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Beberapa penyebab kegagalan yaitu karena kurang motivasi, usaha yang kurang maksimal, tidak memiliki komitmen, kurang persiapan, menganggap remeh, ambisius dan cepat putus asa. Pemateri mengungkapkan bahwa tidaklah penting kegagalan itu, yang penting adalah menganalisis penyebab kegagalan tersebut. Sehingga kita tidak harus mengalami kegagalan dua kali dalam hal yang sama.

Pimpinan

Ketua Umum

(Muh. Arief Pratama)

 

Sekretaris Umum

(Adinuansah)

Bendahara Umum

(Ayu Hardianti P.)

Ketua Divisi

 


 

Search

Twitter

Galeri


 

Jumlah Pengunjung

4.png4.png8.png2.png1.png2.png
Hari ini616
Kemarin907
Minggu ini7871
Bulan ini26173
Total448212

Peta Rumah Nalar

Sekretariat: Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lantai 2 Kampus Gunung Sari Baru Universitas Negeri Makassar,
Kode Pos 90222, Telp. 085240733977, Email: info@penalaran-unm.org
Copyright © 2015 by Humas LPM Penalaran UNM