User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sabtu (13/09/2014),Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) LPM Penalaran UNM kembali mengadakan kajian rutin nalar di Sekretariat LPM Penalaran UNM (Rumah Nalar). Kajian kali in ibetemakan“ Pengelolahan Website” yang dibawakan oleh Rully Iswanto dan Ririn Mamiek Wulandari yang merupakan penanggungjawab terhadap Website resmi LPM Penalaran UNM. Kajian dimulai pukul 16.30-18.00 WITA dengan jumlah pesertas ebanyak 26 orang yang terdiri dari Alumni, pengurus dan anggota LPM Penalaran UNM.

 

Pada awal materi, pemateri terlebih dahulu menunjukkan website lama LPM Penalaran UNM dan menjelaskan informasi-informasi yang terdapat dalam website tersebut. Setelah itu menunjukkan website baru LPM Penalaran UNM dan perbedaan tampilan website dari yang sebelumnya. Peserta kajian terlihat sangat antusias terhadap perubahan website saat ini. “Dalam website penalaran yang terbaru ini, terdapat beberapa item yaitu Foto pimpinan beserta ketua bidang pengurus harian LPM Penalaran UNM periode 2013-2014 , dan petalokasi. Peta lokas ibertujuan agar pengunjung website dapat mengetahui lokasi Sekretariat LPM Penalaran UNM”. Ungkap salah satu pemateri yaitu Ririn Mamiek Wulandari. Selanjutnya Rully Iswanto dalam hal ini memberikan penjelasan mengenai kerumitan dalam pengolahanwebsite yang sebelumnya mengalami gangguan selama beberapa minggu, berkat informas itersebut peserta memahami imasalah-masalah yang terjadi.

Kajian ini diharapkan mampu menambah wawasan peserta mengenai pengolahan website dan lebih mengetahui informasi-informasi yang dapat diperoleh dalam website terbaru LPM Penalaran UNM.

 

 

 

 

 

Perspektif Penelitian Kualitatif

Perspektif penelitian dalam hal ini merupakan cara pandang peneliti terhadap tingkat kebebasan kepada responden dalam memberikan data atau informasi yang hendak disajikan. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan yang berperspektif emik, yakni pendekatan penelitian yang pengambilan datanya dalam bentuk narasi, cerita detail, ungkapan dan bahasa asli hasil konstruksi para responden atau informan, tanpa ada evaluasi dan interpretasi dari peneliti. Data dalam bentuk cerita detail tersebut hanya dapat diperoleh, karena teknik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam dan atau observasi, bukan kuesioner. Dengan demikian tingkat kebebasan perspektif emik yang diberikan kepada responden atau informan sangat tinggi (Berutu dalam Hamidi, 2013).

Read more ...

Teknik Probability Sampling

Penelitian saat ini merupakan sesuatu hal yang lumrah dalam masyarakat utamanya mahasiswa yang sementara mengejar gelar Sarjana, Magister ataupun Doktor karena salah satu syarat dalam mencapai gelar sarjana mahasiswa harus melakukan penelitian sebagai kelengkapan dari proses mencapai gelar sarjana. Selain itu penelitian masuk dalam tri dharma perguruan tinggi poin kedua, olehnya itu penelitian saat ini merupakan suatu hal yang penting dalam dunia pendidikan. Dengan penelitian masyarakat bisa mengetahui dan mencari tahu hal- hal baru yang belum pernah dipubilkasikan di masyarakat.

Read more ...

Jenis jenis Observasi

Observasi adalah teknik pengumpulan data yang bersifat khusus dan kompleks dibandingkan dengan teknik pengumpulan data yang lainnya seperti wawancara ataupun angket. Teknik pengumpulan data observasi lebih spesifik dan kompleks karena teknik pengumpulan data ini tidak hanya menjadikan manusia sebagai obyek namum juga  obyek-obyek lain seperti situasi atau kondisi disuatu lingkungan. Seperti yang diakatakan sugiyono (2014) dalam bukunya “metodologi penelitian kombinasi (Mixed Methods)” beliau mengatakan bahwa observasi sebagai teknik pengumpulan data yang mempunyai ciri spesifik bila dibandingkan dengan teknik pengumpulan data yang lain, yaitu wawancara dan kuesioner kalau wawancara dan kuesioner selalu berkomunikasi dengan orang, maka obsevasi tidak terbatas pada orang, tetapi juga obyek-obyek alam yang lain. Sedangkan menurut sutrisno (dalam Sugiyono, 2014) mengemukakan bahwa observasi merupakan suatu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari berbagai proses biologis dan psikologis.

Read more ...

Pimpinan

Ketua Umum

(Mukhbi Dwi Putra)

 

Sekertaris Umum

(Muhammad Alimka)

 

Wakil Sekertaris

Umum

(Ika Puspita Sari)

Bendahara Umum

(Ismi Ardianti)

 

Ketua Divisi

 

 

Search

Twitter

Galeri


 

Jumlah Pengunjung

7.png4.png4.png1.png8.png3.png
Hari ini74
Kemarin1063
Minggu ini8527
Bulan ini8527
Total744183

Peta Rumah Nalar

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com