Sabtu (13/09/2014),Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) LPM Penalaran UNM kembali mengadakan kajian rutin nalar di Sekretariat LPM Penalaran UNM (Rumah Nalar). Kajian kali in ibetemakan“ Pengelolahan Website” yang dibawakan oleh Rully Iswanto dan Ririn Mamiek Wulandari yang merupakan penanggungjawab terhadap Website resmi LPM Penalaran UNM. Kajian dimulai pukul 16.30-18.00 WITA dengan jumlah pesertas ebanyak 26 orang yang terdiri dari Alumni, pengurus dan anggota LPM Penalaran UNM.

 

Pada awal materi, pemateri terlebih dahulu menunjukkan website lama LPM Penalaran UNM dan menjelaskan informasi-informasi yang terdapat dalam website tersebut. Setelah itu menunjukkan website baru LPM Penalaran UNM dan perbedaan tampilan website dari yang sebelumnya. Peserta kajian terlihat sangat antusias terhadap perubahan website saat ini. “Dalam website penalaran yang terbaru ini, terdapat beberapa item yaitu Foto pimpinan beserta ketua bidang pengurus harian LPM Penalaran UNM periode 2013-2014 , dan petalokasi. Peta lokas ibertujuan agar pengunjung website dapat mengetahui lokasi Sekretariat LPM Penalaran UNM”. Ungkap salah satu pemateri yaitu Ririn Mamiek Wulandari. Selanjutnya Rully Iswanto dalam hal ini memberikan penjelasan mengenai kerumitan dalam pengolahanwebsite yang sebelumnya mengalami gangguan selama beberapa minggu, berkat informas itersebut peserta memahami imasalah-masalah yang terjadi.

Kajian ini diharapkan mampu menambah wawasan peserta mengenai pengolahan website dan lebih mengetahui informasi-informasi yang dapat diperoleh dalam website terbaru LPM Penalaran UNM.

 

 

 

 

 

ANALISIS JALUR

Oleh : Dewi Irnawati

Analisis jalur (Path Analysis) merupakan prosedur empiris untuk mengestimasi keeratan hubungan dependensi atau kausalitas antar variabel observed, atau suatu teknik statistik yang digunakan untuk menguji hubungan kausal antara dua atau lebih variabel (usman 2014). Untuk melakukan analisis jalur diperlukan diagram jalur (path diagram) yang menggambarkan relasi antara variabel yang terlihat dengan analisis dalam bentuk tampilan visual. Dalam diagram jalur terdapat panah-panah yang menghubungkan antara variabel. Panah bermata tunggal menggambarkan hubungan dependensi (pengaruh) variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan panah bermata ganda menggambarkan hubungan korelasional atau kovarians antar variabel.

Read more...

Regresi Berganda

Oleh : Agus Supramono

Regresi diartikan sebagai suatu teknik analisis data yang digunakan untuk mencari pengaruh anatara dua variabel atau lebih. Variabel yang dimaksudkan dalam hal ini adalah variabel bebas yang biasa disimbolkan dengan X dan variabel terikat yang dismbolkan dengan Y. Secara umum regresi terdiri dari dua yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mencari pengaruh antara satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Sedangkan regresi berganda digunakan untuk mencari pengaruh antara dua atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel terikat (Sugiyono, 2009). Sedangkan analisis regresi berganda digunakan untuk mencari pengaruh antara dua atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Analisis regresi berganda hampir sama dengan analisis regresi sederhana, hanya di sini analisisnya lebih kompleks, karena melibatkan banyak variabel bebas. Di samping itu, analisis regresi berganda lebih banyak didasarkan pada asumsi, karena pengujian tentang terpenuhi tidaknya asumsi masih sukar dilakukan. Sampai saat ini yang baru dapat dikembangkan secara mantap adalah model linier, dan pengujian linieritas pada regresi berganda terlalu sukar dilakukan sampai saat ini, lebih-lebih jika varabel bebasnya lebih dari 4 (empat). Oleh karena itu, linieritas dalam regresi ganda terpaksa diasumsikan saja, sehingga jika bentuk garis hubungan itu tidak linier maka hasilnya bisa menyesatkan. Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam menggunakan hasil analisis regresi ganda.

Read more...

Analisis Regresi Sederhana

Analisis korelasi bertujuan untuk mengukur kekuatan asosiasi (hubungan) linear antara dua variabel. Analisis korelasi tidak membedakan antara variabel dependen dengan variabel independent. Berbeda halnya dengan analisis regresi, selain mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel atau lebih, juga menunjukkan arah hubungan antara variabel dependent dan variabel independen. Analisis regresi mendasarkan pada model propabilistik, yang terdiri atas komponen deterministik dan kesalahan random. Model probabilistik yang sederhana adalah model garis lurus, dimana komponen  deterministik dari model digambar garis lurus. Dalam rumus matematis model probabilititas garis lurus dapat dituliskan sebagai berikut:

Y = b+ bX + e

Read more...

Pimpinan

Ketua Umum

(Muh. Arief Pratama)

 

Sekretaris Umum

(Adinuansah)

Bendahara Umum

(Ayu Hardianti P.)

Ketua Divisi

 


 

Search

Twitter

Galeri


 

Jumlah Pengunjung

4.png1.png9.png6.png2.png4.png
Hari ini1211
Kemarin1518
Minggu ini2729
Bulan ini29740
Total419624

Peta Rumah Nalar

Sekretariat: Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lantai 2 Kampus Gunung Sari Baru Universitas Negeri Makassar,
Kode Pos 90222, Telp. 085240733977, Email: info@penalaran-unm.org
Copyright © 2015 by Humas LPM Penalaran UNM