Ketua Umum UKM KSM Eka Prasetya UI

Saya sangat bangga dan kagum dengan keaktifan LPM Penalaran UNM di ILP2MI. Salut, ketika menjadi Sekretaris Jenderal bisa menjadi pemersatu lembaga-lembaga Penalaran di Indonesia. To be honest, I adore your internal condition dangan Rumah Nalar-nya dan system kaderisasi yang tertata dengan baik . Lebih baik lagi untuk kedepannya, semoga bisa semakin berprestasi dan jaya selalu!

Yogyakarta, 29 Mei 2011

Avina

 

UKM Penalaran dan Keilmuan UNG

LPM Penalaran UNM memang solid―sayamelihatitu.Sayasukadengankerjasama UNM denganuniversitaslain yang sangatbaik, sehingga LPM Penalaran memang layak menjadi yang terbaik di Indonesia.

Yogyakarta, 29 Mei 2011

SulerskiMonoarfa

 

UKM Penelitian UNY

Banyak sekali cerita bersama LPM Penalaran UNM.Semuanya“ hebat” dan “indah”. Kesan pertama ketika kami menginjakkan kaki di Makassar, teman-teman UNM begitu hangat apalagi di Rumah Nalar, serasa punya keluarga baru.Perjalanan selanjutnya…. profesionalisme, kekompakan, dan loyalitas teman-teman LPM Penalaran UNM telah menjadi inspirasi, terutam abagi UKM Penelitian UNY untuk maju bersama.

Sukses selalu ya! Salam ilmiah!

Yogyakarta, 29 Mei 2011

AnnidaAsni

 

 

UKM OLAHRAGA UNM

LPM Penalaran merupakan suatu lembaga yang dapat membawa nama baik universitas karena LPM Penalaran adalah LPM yang dapat mendidik mahasiswa mengerjakan suatu karya tulis, penelitian dan sebagainya baik di lingkup universitas maupun di luar. Hal ini dapat memperbaiki citra UNM di kalangan masyarakat dan sekolah melalui program kerjanya di masyarakat dan sekolah.

 

UKM MENWA UNM

LPM  Penalaran merupakan suatu lembaga yang bernaung di bawah tingkat universitas yang mana merupakan tempat mahasiswa khususnya mahasiswa UNM untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang karya-karya ilmiah dan penelitian-penelitian sehingga mahasiswa UNM yang tergolong termasuk di dalam LPM Penalaran mampu berkembang sesuai kebutuhan masyarakat sekitarnya.

Kesan  : LPM Penalaran mampu membina dan mendidik seluruh personilnya kearah yang   lebih baik.

Saran  : LPM Penalaran harus tetap eksis selamanya. Perbanyaks osialisasi kemasyarakat luas agar perkembangannya pesat.

 

UKM PRAMUKA UNM

LPM Penalaran merupakan suatu organisasi yang mewadahi minat dan bakat masyarakat kampus (mahasiswa) tingkat universitas dalam hal penelitian. Penelitian ini tentunya suatu kegiatan yang selalu ada dalam aktivitas mahasiswa. LPM Penalaran, selain itu adalah minat dan bakat, tentunya ini juga sangat menunjang setiap kegiatan perkuliahan yang ada.

 

UKM PROFESI UNM

LPM Penalaran, salahsatu unit kegiatan mahasiswa yang berkegiatan/ berproses dengan kreativitas dalam bidang penelitian. LPM Penalaran merupakan wujud atau interpretasi dari keseharian mahasiswa, yang tak pernah lepas dengan tanda Tanya besar.Tanda Tanya itu, untuk menjawabnya jelas butuh sebuah proses yang dikenal dengan eksperimen.

PENALARAN; sebuah lembaga yang tidak hanyaa kanme lahirkan peneliti-peneliti muda, dalam saintis juga hanya jago dalamm enelitihal-hal yang berbau laboratorium. Harapan kami, penalarana kantur utmenjadi mediator dalam meneliti tindak-tanduk elemen masyarakat  luas secara umum dan masyarakat UNM secara khusus dalam menjalankan kesehariannya.

 

UKM SENI UNM

LPM Penalaran merupakan lembaga yang menambah wawasan terutama dengan mengkaji dan bayak menguji daya nalar manusia. Sebuah lembaga yang menuntut kreativitas mahasiswa sekiranya mampu melahirkan kader-kader intelek di dalamnya namun perlunya disiplin ilmu yang dimiliki dapat dieksplor ke eksternal LPM Penalaran dan dapat melibatkan mahasiswa UNM terkhususnya.

 

UKM KSR UNM

LPM Penalaran merupakan lembaga yang dapat menambah wawasan dan cara pandang seseorang. Telah terbukti dan teruji bahwa mahasiswa yang terjun dalam LPM Penalaran telah teruji kualitasnya, bukan tataran kuantitas saja layaknya LK yang lain yang ada di UNM. Sebuah lembaga tingkat universitas yang mampu melahirkan kader-kader yang berkualitas, berwawasan luas yang dilandasi dengan iman dan takwa.

 

UKM MAPHAN UNM

Semua unit kegiatan mahasiswa yang ada dalam naungan Universitas Negeri Makassar memiliki orientasi kegiatan yang berbeda sesuai dengan lembaga yang mewadahinya, begitu juga dengan LPM Penalaran. Akan tetapi, perwujudan atau eksplorasi dari kegiatannya hanya dinikmati oleh orang-orang yang ada di dalamnya. Keberhasilan suatu kegiatan bukan atas penilaian dari individu atau lembaga tersebut, tetapi pandangan dari lembaga/orang-orang luar. Lebih mengikutkan atau bermitra dengan UKM lain dalam pelaksanaan prokernya.

 

UKM SINTALARAS UNM

LPM Penalaran adalah salah satu UKM yang bisa membawa nama UNM. Sebab menurut kami, UKM ini fokus pada hal-hal yang bersifat mendidik, mampu mengkader anggota-anggotanya dalam mengkaji sesuatu, menalar sehingga pikiran tidak hanya terpaku pada hal-hal yang bersifat akademik tapi juga berada di luar dari itu termasuk hal-hal yang berkembang dan bisa dikembangkan di masyarakat.

 

UKM SAR UNM

LPM Penalaran merupakan unit kemahasiswaan yang sangat berbeda dengan UKM-UKM yang ada di UNM, mengapa, karena organisasi ini mempu menciptakan mahasiswa yang mempunyai sifat yang sosial dan mendidik serta mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu yang mereka miliki sampai keluar universitas. UKM ini juga mampu mengkaji hal-hal yang sifatnya menjurus ke akademik walaupun itu sudah melenceng dari itu namun mereka mampu mengembangkannya kembali.

"Setahun mengabdi, seumur hidup menginspirasi"

"Setahun mengabdi, seumur hidup menginspirasi" (Indonesia Mengajar) Inilah tag line Indonesia Mengajar bagi Pengajar Muda yang siap mengabdi di daerah terpencil Indonesia. Pengabdian kepada Indonesia untuk melunasi janji kemerdekaan, mencerdaskan kehidupan bangsa. Senin 25 Mei 2015, LPM Penalaran UNM bekerjasama dengan Indonesia Mengajar mengadakan "RoadShow Rekruitmen Pengajar Muda Angkatan XI (#jadiPMXI)" di Ballroom Pinisi lt2 Kampus UNM. Acara ini dimulai pukul 9.45 hingga 13.00 yang diikuti oleh mahasiswa dan alumni dari berbagai universitas yang ada di Makassar. Kegiatan ini merupakan sosialisasi perekrutan PM XI yang akan terbuka hingga 31 Mei 2015 nanti.

Read more...

Roadshow Indonesia Mengajar

Salam Hangat dan Kabar Gembira untuk kita semua, bagi yang memiliki keinginan dan minat untuk menjadi salah satu pengajar muda di daerah tertinggal selama kurang lebih 1 tahun dan belum tahu bagaimana proses dan cara pendaftarannya?

Indonesia Mengajar bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar akan mengadakan Roadshow Indonesia Mengajar di kampus Universitas Negeri Makassar. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 25 Mei 2015 di ruangan Ballroom Phinisi Lantai 2 Gedung Phinisi UNM kampus gunung sari mulai pukul 09.00-12.00 Wita. Kegiatan ini terbuka bagi alumni dan mahasiswa UNM maupun beberapa kampus lain yang ada di kota Makassar (peserta terbatas). Ayo buruan daftarkan diri anda di 085310752960 dengan format sms (nama_kampus_mahasiswa/umum_email_no.hp). -Setahun Mengabdi Seumur Hidup Menginspirasi-

Materi Kelima OMK , Lobi dan Negosiasi oleh Erwin Saputra,S.Pd.

Lobi dan Negosiasi merupakan materi kelima pada kegiatan Orientasi Manajemen Keorganisasian (OMK) Angkatan XVIII LPM Penalaran UNM Sabtu, 16 Mei 2015 pukul 10.30 WITA. Melobi dapat didefenisikan sebagai pendekatan secara tidak resmi. Lobi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satu pihak (perorangan, kelompok, swasta & pemerintah) yang memiliki kepentingan tertentu agar target-target dapat tercapai. Sedangkan, Kegiatan negosiasi merupakan tindakan untuk mendapatkan suatu keputusan. Beberapa karakteristik negosiasi diantaranya senantiasa melibatkan orang, baik sebagai individu maupun perwakilan institusi serta memiliki ancaman terjadinya atau didalamnya mengandung konflik yang terjadi mulai dari awal sampai terjadi kesepakatan dalam akhir negosiasi. Nurfitri ZA sebagai salah satu peserta bertanya mengenai tips dalam negosiasi yaitu bagaimana solusi jika saat bertemu orang-orang besar dan ingin bernegosiasi, namun pada akhirnya kita merasa gugup karena berhadapan dengan orang yang memang memiliki jabatan dan otoritas yang besar dan jauh diatas kita? Pemateri mengungkapkan bahwa melawan keterbatasan dan kekurangan itu harus dibarengi dengan kemampuan. Jadi, saat melakukakan lobi dan negosiasi, kita sebagai pelobi harus sudah menguasai materi yang akan dinegosiasikan. Agar sebagai pelobi, kita tidak mudah terbantahkan oleh siapapun. Seorang negosiator yang baik, tidak hanya datang membawa masalah namun yang terpenting ia mampu menawarkan sebuah solusi yang tepat.

Pimpinan

Ketua Umum

(Muh. Arief Pratama)

 

Sekretaris Umum

(Adinuansah)

Bendahara Umum

(Ayu Hardianti P.)

Ketua Divisi

 


 

Search

Twitter

Galeri


 

Jumlah Pengunjung

4.png5.png3.png9.png3.png8.png
Hari ini305
Kemarin1155
Minggu ini5340
Bulan ini31899
Total453938

Peta Rumah Nalar

Sekretariat: Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lantai 2 Kampus Gunung Sari Baru Universitas Negeri Makassar,
Kode Pos 90222, Telp. 085240733977, Email: info@penalaran-unm.org
Copyright © 2015 by Humas LPM Penalaran UNM