User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kamis, 9 april 2015. Merupakan hari pertama Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM). Materi awal mengenai Dasar – Dasar Penyusunan Karya Tulis Ilmiah dimulai pukul 13.44 di ruangan A materi dibawakan oleh Dr. Muhammad Saleh, S.Pd.,M.Pd yang merupakan dosen di fakultas bahasa dan sastra Universitas Negeri Makassar. Pokok materi yang dibawakan yakni metode ilmiah, perbedaan prinsipil karya tulis penelitian dan non penelitian. Filsafat penelitian dan jenis-jenis metode penelitian. Alumni Universitas Negeri Malang ini membawakan materinya dengan sangat interaktif, peserta nampak antusias terhadap materi yang dibawakan hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan selama materi berlangsung. Pada pelatihan kali ini pemberian materi dibagi menjadi 2 ruangan demi efektifitas penyampaian materi.

Di ruangan B dengan materi yang sama yakni “Dasar-Dasar Penyusunan Karya Tulis Ilmiah” yang di bawakan oleh Irhamsyah S.si., M.si yang merupakan alumni dari LPM Penalaran UNM sekaligus dosen di Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar. Materi ini memuat tentang pentingnya menulis karena menulis adalah sarana komunikasi yang efektif, dalam materi ini juga disampaikan tentang bagaimana dalam menulis yang baik menggunakan metode-metode yang ilmiah. Pemateri mengatakan bahwa “tidak mungkin kalian akan menguasai materi dalam 3 hari namun pengetahuan yang anda dapatkan disini tidak akan dapatkan di tempat lain ”. Sebelum menutup materi, kak Anca sapaan akrab dari pemateri juga mengatakan bahwa jangan pikirkan apa yang akan anda tuliskan tapi tuliskanlah apa yang anda pikirkan

Sekitar 74 peserta mengikuti materi ini, menurut Ahmad Setiawan Jarigau yang merupakan salah satu peserta PMP dari jurusan Biology, 2013 mengatakan “materi yang di sampaikan tadi bagus karena materinya di sampaikan dengan jelas dan terperinci dan pematerinya juga menyampaikan banyak kata-kata motivasi dan menampilkan prestasi-prestasi yang telah diraih sehingga kita semakin termotivasi untuk menulis”.

Analisis Korelasi Ganda

Korelasi dapat diartikan sebagai salah satu teknik statistik yang digunakan untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih yang sifatnya kuantitatif. Korelasi merupakan suatu teknik analisis yang termasuk dalam salah satu teknik pengukuran asosiasi atau hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya (Dinafitri, et al., 2013). Korelasi merupakan teknik yang digunakan untuk menguji ada atau tidaknya hubungan serta arah hubungan dari dua variabel atau lebih (Hasanah, 2016).

Read more ...

Kelas Nalar "Penulisan PKM 5 Bidang"

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2 bidang merupakan salah satu program Kemenristek Dikti dalam rangka meningkatkan kreativitas dan gagasan dari mahasiwa Indonesia. PKM 2 Bidang ini terdiri dari gagasan tertulis (PKM-GT) dan artikel ilmiah (PKM-AI). Mengingat pengiriman PKM 2 bidang ini telah dibuka oleh kemenristek dikti, maka LPM Penalaran UNM yang merupakan salah satu UKM di UNM yang mewadahi mahasiswa dalam bidang karya tulis, mengajak mahasiswa mengikuti program kemenristek dikti tersebut.

Read more ...

Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berasal dari istilah “action research” dalam penelitian pendidikan dijadikan sebagai aliran tersendiri, sehingga untuk membedakan “action research” dengan bidang lain maka peneliti pedidikan menggunakan istilah “classroom action research” (Muslich, 2012). Hopkins dalam Muslich (2012) mendefinisikan PTK sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan rasionalisasi dalam pelaksanaan tugas dan pemahaman situasi pada proses pembelajaran yang dilakukan dengan pengkajian yang bersifat reflektif.  Menurut Muslich (2012) PTK memiliki lima kata kunci yang merupakan inti dari definisi PTK itu sendiri yakni : Bersifat reflektif, dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dilaksanakan secara sistematis dan sikap mawas diri serta bersifat situasional dan kontekstual.

Read more ...

Pimpinan

Ketua Umum

(Mukhbi Dwi Putra)

 

Sekretaris Umum

(Muhammad Alimka)

 

Wakil Sekretaris

Umum

(Ika Puspita Sari)

Bendahara Umum

(Ismi Ardianti)

 

Ketua Divisi

 

 

Search

Twitter

Galeri


 

Jumlah Pengunjung

9.png0.png3.png6.png4.png0.png
Hari ini130
Kemarin1730
Minggu ini130
Bulan ini1860
Total903640

Peta Rumah Nalar

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com