User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kamis, 9 april 2015. Merupakan hari pertama Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM). Materi awal mengenai Dasar – Dasar Penyusunan Karya Tulis Ilmiah dimulai pukul 13.44 di ruangan A materi dibawakan oleh Dr. Muhammad Saleh, S.Pd.,M.Pd yang merupakan dosen di fakultas bahasa dan sastra Universitas Negeri Makassar. Pokok materi yang dibawakan yakni metode ilmiah, perbedaan prinsipil karya tulis penelitian dan non penelitian. Filsafat penelitian dan jenis-jenis metode penelitian. Alumni Universitas Negeri Malang ini membawakan materinya dengan sangat interaktif, peserta nampak antusias terhadap materi yang dibawakan hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan selama materi berlangsung. Pada pelatihan kali ini pemberian materi dibagi menjadi 2 ruangan demi efektifitas penyampaian materi.

Di ruangan B dengan materi yang sama yakni “Dasar-Dasar Penyusunan Karya Tulis Ilmiah” yang di bawakan oleh Irhamsyah S.si., M.si yang merupakan alumni dari LPM Penalaran UNM sekaligus dosen di Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar. Materi ini memuat tentang pentingnya menulis karena menulis adalah sarana komunikasi yang efektif, dalam materi ini juga disampaikan tentang bagaimana dalam menulis yang baik menggunakan metode-metode yang ilmiah. Pemateri mengatakan bahwa “tidak mungkin kalian akan menguasai materi dalam 3 hari namun pengetahuan yang anda dapatkan disini tidak akan dapatkan di tempat lain ”. Sebelum menutup materi, kak Anca sapaan akrab dari pemateri juga mengatakan bahwa jangan pikirkan apa yang akan anda tuliskan tapi tuliskanlah apa yang anda pikirkan

Sekitar 74 peserta mengikuti materi ini, menurut Ahmad Setiawan Jarigau yang merupakan salah satu peserta PMP dari jurusan Biology, 2013 mengatakan “materi yang di sampaikan tadi bagus karena materinya di sampaikan dengan jelas dan terperinci dan pematerinya juga menyampaikan banyak kata-kata motivasi dan menampilkan prestasi-prestasi yang telah diraih sehingga kita semakin termotivasi untuk menulis”.

Ciptakan Kader yang Handal dalam bidang Penelitian dan Keorganisasian, LPM Penalaran UNM gelar PMP-OMK XIX

Banyaknya riset atau penelitian yang dihasilkan oleh dosen maupun mahasiswa sangat mempengaruhi kualitas dan peringkat dari suatu perguruan tinggi. LPM Penalaran UNM sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UNM yang mewadahi mahasiswa dalam bidang penelitian, karya tulis dan keorganisasian diharapkan dapat menjembatani mahasiswa untuk menjadi peneliti yang handal dan ahli dalam bidang keorganisasian. Oleh karena itu, diharapkan LPM Penalaran UNM dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas peneliti muda di lingkup kampus dan cakap dalam bidang keorganisasian yang akan berkontribusi untuk UNM tercinta.

Read more ...

Penelitian External LPM Penalaran UNM

Sabtu, 6 februari 2016, LPM Penalaran UNM mengadakan seminar proposal penelitian. Acara ini merupakan salah satu tahapan dari Program Kerja Divisi Penelitian dan Pengembangan yaitu Penelitian External. Acara ini bertempat di Gedung Phinisi Ballroom Lantai 2 yang dimulai pada pukul 10.35 dan dipandu oleh Asmita Hamsah selaku moderator.

Terdapat 6 proposal penelitian yang diseminarkan pada hari ini. Presentasi proposal penelitian dibagi 3 sesi, setiap sesi dibawakan oleh dua kelompok dan langsung ditanggapi oleh para penanggap. Sesi pertama seminar proposal dipresentasikan oleh kelompok Furry Agustin, Husain Anandtama dan Alif Syahrul Wahyudi dengan judul "Game MOCA (Monopoly Vocabulary) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa SD", dan kelompok Handiswan dan Nurhidayatullah dengan judul "Perancangan E-Questionnaire Berbasis Web".

Read more ...

Kunjungan SMA Negeri 5 Pinrang di LPM Penalaran UNM

Sabtu 6 februari 2016, LPM Penalaran UNM kedatangan tamu dari SMA Negeri 5 Pinrang. Bertempat di ballroom phinisi Lt.2 siswa SMA 5 pinrang sangat antusias mengikuti rangkaian acara yang telah disiapkan untuk mereka. Siswa yang datang merupakan siswa yang tergabung dalam Karya Ilmiah Remaja SMA Negeri 5 Pinrang. Acara ini dibuka dan dipimpin oleh Fitri Amalia H selaku MC yang dimulai pada pukul 08.30 Wita. Kegiatan ini dihadiri oleh bapak dan ibu guru SMA 5 Pinrang, pengurus, anggota serta alumni LPM Penalaran UNM, acara dimulai dengan sepatah kata dari ketua umum LPM Penalaran UNM Mukhbi Dwi Putra M Kato, kemudian dilanjut dengan pengenalan lembaga penelitian mahasiswa penalaran UNM kepada siswa oleh alimka dan dipenghujung acara di isi dengan pemberian materi motivasi menulis dan pengenalan karya tulis ilmiah oleh Afdhal Abdillah AR dan Rahmawati. Acara ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan oleh pihak SMA 5 Pinrang kepada ketua umum LPM Penalaran UNM dan berakhir pada pukul 10.30 Wita.

Read more ...

Pimpinan

Ketua Umum

(Mukhbi Dwi Putra)

 

Sekertaris Umum

(Muhammad Alimka)

 

Wakil Sekertaris

Umum

(Ika Puspita Sari)

Bendahara Umum

(Ismi Ardianti)

 

Ketua Divisi

 

 

Search

Twitter

Galeri


 

Jumlah Pengunjung

7.png5.png2.png1.png6.png2.png
Hari ini303
Kemarin1407
Minggu ini7241
Bulan ini16506
Total752162

Peta Rumah Nalar

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com