You are here:

www.penalaran-unm.org

This folder doesn't exsits.
Apr18

Metode Penelitian Ex Post Facto

Print PDF

Oleh: Adinuansah

Metode penelitian ex post facto atau kausal komparatif merupakan salah satu jenis pendekatan dalam penelitian. Penelitian ex post facto sering disebut dengan after the fact artinya penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penyebab-penyebab terhadap peristiwa yang sudah terjadi. Menurut eko (2012) penelitian ex post facto adalah penyelidikan empiris yang sistematis di mana ilmuan tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena perwujudan variabel tersebut telah terjadi, atau karena variabel dalam penelitian tersebut tidak dapat dimanipulasi. Variabel bebas dalam penelitian ex post facto adalah variabel yang tidak dapat dimanipulasi seperti status sosial ekonomi, jumlah rokok yang dikonsumsi setiap hari atau metode pengajaran. Penelitian ex post facto secara metodis juga menguji hipotesis seperti halnya penelitian eksperimen akan tetapi tidak memberikan perlakuan-perlakuan tertentu. Metode penelitian ex post facto memiliki peranan untuk menyelidiki hubungan antara varibel atribut dan variabel lain yang tidak dapat diteliti secara eksperimental. Metode penelitian ex post facto juga dapat digunakan untuk meneliti masalah sosial, psikologis maupun sosiologis.

Read more...
 
Apr18

KARPET : Refleksi diri dengan musik & Uji-T

Print PDF

Selasa (15/04/2014) Pengurus dan anggota volunter Bidang Pendidikan dan Pelatihan LPM Penalaran UNM kembali mengadakan Kajian Pemateri (Karpet) di Rumah Nalar. Kajian yang dimulai pukul 16.00-18.00 WITA menghadirkan 2 orang pemateri yakni Syefi Ary dan Nurmiyanti. Pemateri pertama yakni Syefi Ary membawakan materi dengan judul “Refleksi diri dengan musik” sedangkan pemateri kedua yakni Nurmiyanti membawakan materi dengan judul “Uji-t”.  Pada kajian pemateri ini dihadiri oleh peserta Pelatihan Manejemen Organisasi (PMO), beberapa pengurus LPM Penaaran dan Alumni LPM Penalaran UNM.

Read more...
 
Apr14

Menulis Esai dengan Mind map

Print PDF

Esai merupakan sebuah karangan prosa yang membahas sebuah topik tertentu melalui sudut pandang penulisnya. Perbedaan mendasar yang membedakan antara esai dengan tulisan lepas lainnya terletak pada jumlah kata, struktur penulisan, dan gaya bahasa yang digunakan. Jumlah kata yang digunakan dalam esai terdiri dari 500 sampai 1500 kata. Struktur penulisan esai dibagi menjadi pandahuluan,  isi, dan ringkasan atau kesimpulan yang diwujudkan dalam bentuk paragraf. Adapun, gaya bahasa yang digunakan sangat bergantung pada pilihan kata, struktur kalimat, dan gaya penulisan yang digunakan oleh penulis esai.

Read more...
 
Apr12

KAJIAN KEORGANISASIAN “METODE PERSIDANGAN”

Print PDF

Sabtu (12/04/2014) Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) melaksanakan Kajian Keorganisasian di Rumah Nalar.  Kajian keorganisasian ini merupakan kajian yang rutin dilaknsanakan sekali sepekan selama kegiatan Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO) berlangsung.  Kajian yang dimulai pukul 16.00 ini dibawakan oleh Ainun Najib Alfatih dengan materi “Metode Persidangan”. Pemateri merupakan mantan sekretaris umum LPM Penalaran UNM periode 2012/ 2013. Kajian dihadiri oleh calon anggota, pengurus dan Alumni LPM Penalaran UNM.

Last Updated ( Wednesday, 16 April 2014 07:21 ) Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »
Page 1 of 106

Dapatkan Email Gratis 7,25 GB

Dapatkan email gratis 7.23 GB untuk seluruh member LPM PENALARAN UNM. Alamat email : http://mail.penalaran-unm.org Hartoto (081 343 865 864) atau Rully Iswanto (087840524154)

Yang Sedang Online

We have 244 guests and no users online

Statistik Web NALAR

Sample image Statistik situs LPM PENALARAN UNM dapat Anda lihat disiini:
User Name : statistik
Password : statistik

Klik di sini!

Member Baru

We have 165 registered members registered.

Pencarian

Nomor Registrasi Anggota

Diharapkan kepada seluruh anggota LPM Penalaran UNM untuk mendownload Nomor Registrasi Anggota di bawah ini.
Download :

Nomor Registrasi Anggota Angkt. 0-XV

Nomor Registrasi Anggota Angkt. XVI

Layanan Online

HUMAS
1.   Muh. Arief Pratama
2.   Rully Iswanto
3.   Arwinda R R Gau
4.   Ririn Mamiek Wulandari
5.   Hermin Hardiyanti Utami
KLINIK ILMIAH
1. Yusri
2. Indah Arnaelis
3.
WEB SUPPORT
1. Electindo
2. Kamaruddin

Komentar Terakhir

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3605
mod_vvisit_counterKemarin3443
mod_vvisit_counterMinggu ini22738
mod_vvisit_counterBulan ini77767
mod_vvisit_counterTotal736560

IKLAN

electindo    pnl



Sekretariat: - Jl. Dg. Tata No 15. Kompleks Patun Makateks B1 Makassar, Indonesia Telp. 085398983442 Email: info@penalaran-unm.org
                   - Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lantai 2 Kampus Universitas Negeri Makassar Gunung Sari Baru