Kamis, 9 april 2015. Merupakan hari pertama Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM). Materi awal mengenai Dasar – Dasar Penyusunan Karya Tulis Ilmiah dimulai pukul 13.44 di ruangan A materi dibawakan oleh Dr. Muhammad Saleh, S.Pd.,M.Pd yang merupakan dosen di fakultas bahasa dan sastra Universitas Negeri Makassar. Pokok materi yang dibawakan yakni metode ilmiah, perbedaan prinsipil karya tulis penelitian dan non penelitian. Filsafat penelitian dan jenis-jenis metode penelitian. Alumni Universitas Negeri Malang ini membawakan materinya dengan sangat interaktif, peserta nampak antusias terhadap materi yang dibawakan hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan selama materi berlangsung. Pada pelatihan kali ini pemberian materi dibagi menjadi 2 ruangan demi efektifitas penyampaian materi.

Di ruangan B dengan materi yang sama yakni “Dasar-Dasar Penyusunan Karya Tulis Ilmiah” yang di bawakan oleh Irhamsyah S.si., M.si yang merupakan alumni dari LPM Penalaran UNM sekaligus dosen di Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar. Materi ini memuat tentang pentingnya menulis karena menulis adalah sarana komunikasi yang efektif, dalam materi ini juga disampaikan tentang bagaimana dalam menulis yang baik menggunakan metode-metode yang ilmiah. Pemateri mengatakan bahwa “tidak mungkin kalian akan menguasai materi dalam 3 hari namun pengetahuan yang anda dapatkan disini tidak akan dapatkan di tempat lain ”. Sebelum menutup materi, kak Anca sapaan akrab dari pemateri juga mengatakan bahwa jangan pikirkan apa yang akan anda tuliskan tapi tuliskanlah apa yang anda pikirkan

Sekitar 74 peserta mengikuti materi ini, menurut Ahmad Setiawan Jarigau yang merupakan salah satu peserta PMP dari jurusan Biology, 2013 mengatakan “materi yang di sampaikan tadi bagus karena materinya di sampaikan dengan jelas dan terperinci dan pematerinya juga menyampaikan banyak kata-kata motivasi dan menampilkan prestasi-prestasi yang telah diraih sehingga kita semakin termotivasi untuk menulis”.

Sidang Pleno LPM Penalaran UNM Periode 2014/2015

Sidang Pleno Lembaga Penelitian Mahasiswa Universitas Negeri Makassar dengan agenda sesi tanya jawab evaluasi Laporan Pertanggung jawaban (LPJ) Pengurus Harian LPM Penalaran UNM Periode 2014/2015 berlangsung dari tanggal 24 Juli 2015 Pukul 08.10 WITA hingga tanggal 25 Juli 2015 pukul 10.15 WITA. Pada sesi ini, 12 alumnni dan anggota memberikan pertanyaan perihal kinerja Pengurus harian selama setengah periode mereka menjabat. Pertanyaan mengenai realisasi visi dan misi Ketua Umum menjadi hal yang sering dievaluasi dalam sesi ini, turut pula dibahas mengenai ILP2MI. Pada bagian lain, kinerja tim kesekretariatan juga menjadi sorotan dan perlu ditingkatkan serta alur kerja dan tanggung jawab bendahara umum yang perlu diperjelas sehubungan dengan beberapa laporan pertanggungjawabannya.

Read more...

Pengumuman Penting

Saat ini Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM)  tidak sedang mengadakan lomba dalam bentuk apapun, baik di tingkat regional maupun nasional. Mengenai info kegiatan hingga berita terbaru dari LPM Penalaran UNM dapat diakses di website resmi www.penalaran-unm.org

Skala Ordinal

Oleh : Indrawan

Dalam penelitian kuantitatif, seorang peneliti diharuskan memiliki ukuran-ukuran khusus dalam proses menciptakan defenisi operasional pengukuran yang handal dan valid. Salah satu hal yang dilihat adalah Tingkat pengukuran yang merupakan suatu sistem untuk menyusun informasi. Pengukuran variabel terbagi menjadi empat tingkatan, dari tingkat nominal, ordinal, interval sampai tingkat rasio. Tingkat pengukuran atau biasa juga disebut skala pengukuran merupakan kesepakatan yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan panjang pendeknya interval yang ada dalam alat  ukur, sehingga alat ukur tersebut jika digunakan akan menghasilkan data kuantitatif (Sugiyono, 2014). Contohnya timbangan emas sebagai instrument untuk mengukur berat emas.

Read more...

Pimpinan

Ketua Umum

(Muh. Arief Pratama)

 

Sekretaris Umum

(Adinuansah)

Bendahara Umum

(Ayu Hardianti P.)

Ketua Divisi

 


 

Search

Twitter

Galeri


 

Jumlah Pengunjung

5.png0.png5.png5.png8.png8.png
Hari ini419
Kemarin696
Minggu ini2330
Bulan ini18160
Total505588

Peta Rumah Nalar

Sekretariat: Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lantai 2 Kampus Gunung Sari Baru Universitas Negeri Makassar,
Kode Pos 90222, Telp. 085240733977, Email: info@penalaran-unm.org
Copyright © 2015 by Humas LPM Penalaran UNM